SALAH satu tugas bidang Public Relation (PR) atau Humas adalah mengelola media online untuk menjalankan PR Online, e-PR, Digital PR, Humas Online, atau kehumasan melalui internet.
Untuk mengelola website instansi/perusahaan dengan baik, Humas Online harus mengisi website dengan konten yang baik pula, termasuk melakukan optimasi SEO (Search Engine Optimization) agar posting cepat terindeks mesin pencari dan diklik user (pembaca).
Berikut ini tips SEO konten website yang disadur dan dikembangkan dari Digital PR Tip Sheet: SEO for News Content.
10 Tips SEO untuk Konten Website Instansi/Perusahaan
Ada 10 tips yang bisa membantu kita untuk meningkatkan ranking website di Google dan mesin pencari lainnya:1. Riset Kata Kunci
Lakukan riset kata kunci (keyword research) agar kita menggunakan kata atau frasa yang benar-benar dicari orang atau sedang hangat dibicarakan, dalam konten berita (news content).
Untuk riset ini, kita bisa menggunakan:
- Google trends – http://www.google.com/trends
- Twitter trends – http://trendsmap.com
- YouTube trends – http://www.youtube.com/trendsdashboard
- Google Adwords - http://www.adwords.google.com
- Data kata kunci di Alexa, Google Analytic, dan pemantau trafik online lainnya.
Selain itu, lakukan proses "self-thinking" berikut ini:
- Apakah kata kunci yang digunakan relevan dengan konten web?
- Apakah user bisa menemukan tulisan kita ketika mereka menggunakan kata kunci ini?
- Apa kira-kira kata kunci yang dituliskan user di Google untuk mencari artikel yang mau kita tulis?
2. Gunakan Frasa Kunci di Judul
Tampilkan frasa kunci utama (main key phrase) di judul news release, posting blog, atau halaman web.
3. Hindari Duplicate Content
Jangan pernah artikel yang menyalin atau duplikat dari konten website lain (copy paste) atau tulisan yang sama dengan yang sudah dipublish. Google lebih suka tulisan yang fresh dan original.
4. Asli dan Menarik
Pastikan SEMUA konten PR Anda asli, menarik, ditulis dengan baik, dan terkait dengan brand instansi/perusahaan.
5. Gunakan Link Internal
Tautkan tulisan yang satu dengan tulisan lain yang berkaitan. Gunakan frasa dalam anchor text, bukan "klik di sini".
6. Share ke Media Sosial
Share, bagikan, atau posting tulisan di website ke media sosial, seperti Twitter, Facebook, dan LinkedIn.
7. Tambahkan Gambar dan Video
Biar lebih menarik, tambahkan gambar, foto, dan/atau video yang relevan. Ini akan menambah nilai SEO dan peluang muncul di hasil pencarian.
8. Kata Kunci di Gambar dan Video
Gunakan kata kunci di nama file gambar, "image title", dan "alt text" gambar, juga di deskripsi video.
9. Dapatkan Back Link
Dapatkan backlink, inbound link, dari web partner. Link ini akan meningkatkan rangking di Google.
10. Update!
Lakukan update secara reguler. Google mencari kesegaran dan orisinalitas (freshness and originality). User juga suka share dan nge-link ke konten yang menarik dan bermanfaat.
Paling tidak, update akan menambah konten web yang berarti menambah perbendaharaan database Google pada website Anda. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*
Paling tidak, update akan menambah konten web yang berarti menambah perbendaharaan database Google pada website Anda. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*