Pengalaman Protes Gangguan SMS Promosi

Gangguan SMS Promosi
SALAH satu ketidaknyamanan pemilik HP adalah kerap munculnya "gangguan" kiriman SMS promosi produk/jasa --dikenal dengan SMS Marketing, SMS Broadcast, SMS Bulk, atau SMS Blast. Belum lagi kiriman SMS dan telepon yang berusaha menipu.

Kabarnya sih, setiap provider memiliki divisi retensi untuk pengiriman SMS Broadcast. Bahkan, kini juga banyak perusahaan jasa SMS Blast! Walaah.... makin 'gak nyaman saja nih punya no HP!

Kesal dengan gangguan SMS promo sebuah toko online, tadi sore (16/9/2014) saya ajukan komplain (protes) via akun twitter toko online itu.

Ini dia "dialog" saya via twitter dengan sebuah toko online itu. Saya "rahasiakan" nama toko atau perusahaan online-nya ya.

Maaf buat XXXXX. SMS promo produk Anda yang nyaris setiap hari masuk ke HP saya sangat mengganggu. Please clarify, @XXXXX & @XXXXX

Responsnya cepat juga. Gini katanya:

Hallo mohon maaf untuk ketidaknyamanannya, silakan menyampaikan kendala kepada XXXXX :) Terima kasih.

Hmmmm... saya disuruh komplain ke akun lainnya, Customer Care. Ok, gak masalah, lagian sudah otomatis kena "mention" juga 'kan CS-nya?

Akun CS pun ngetweet dan berikut ini "obrolan" selengkapnya:

XXXX: selamat siang ka, jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan silahkan infokan ke kami ya TQ^MR

SAYA: Maaf, saya sangat terganggu dengan kiriman SMS promo XXXX. saya bkn member & tak prnah kontak apa2

XXXX: siang ka, buisa diinfokan untuk no hpnya agar kami sampaikan ke tim terkait TQ^MR

SAYA: NO HP sudah saya kirim via email ke XXXX, thanks!

XXXX: bisa diinfokan u/ alamat email yg digunakan saat mengirimkan no hp ke email XXXX nya agar kami bantu cek TQ^MR

SAYA: romeltea@yahoo.com

XXXX: setelah kami bantu pengecekan untuk no hpnya tidak terlihat di email XXXX, bisa diinfokan via DM TQ^MR (Aneh, padahal saya sudah cantumkan nope saya!)

SAYA: Silakan dibaca emailnya, sudah sy cantumkan dengan jelas. Kalo DM kendalanya ini: could not be sent cause do not follow you

XXXX: sudah kami follow silahkan kirimkan no hpnya via DM ya, kami tunggu informasinya TQ^MR

SAYA: Ok, sudah ya, thanks....!

Tidak ada lagi jawaban. Lagian, saya harus segera meluncur ke kampus, ngajar "Manajemen Program Siaran Radio" di Jurusan KPI UIN SGD Bandung.

Saya posting soal Terganggu dengan SMS Promo Produk plus cara saya "mengatasinya" ini, agar Anda juga bisa "mengikuti jejak saya". Ajukan protes dan komplain langsung ke akun media sosial mereka, jika kita merasa terganggu dengan kiriman SMS promo seperti itu.

Yang susah, jika SMS Promo hanya mencantumkan nomor HP yang susah dihubungi, seperti SMS tawaran pinjaman uang yang sudah saya posting di blog saya yang lain: Terganggu Penawaran Produk via SMS? Adukan ke OJK!

Semoga rencana Pemerintah Melarang SMS Promosi segera terwujud! Baru Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang melarang SMS Promosi. (Baca: Penawaran via Telepon Dilarang).

Saya yakin, perusahaan, lembaga bisnis, atau toko online yang "suka ganggu" via SMS, tidak akan maju, tidak berkah! Alih-alih sukses, malah dikomplain banyak orang!

Semoga Anda, yang punya toko online atau yang bertugas di bagian promo (telemaketing), bisa bijak, efektif, dan tidak mengganggu orang dengan kiriman SMS seperti yang saya alami.

Promosikan saja produk/jasa secara baik dan "normal", seperti pasang iklan di radio, suratkabar, majalah, media online, serta di media sosial seperti Facebook. Pasang juga iklan di Google AdWord. That's much better than ganggu orang lain dengan kiriman SMS.

Blog saya ini juga terima pasang iklan kok, baik berupa banner maupun berupa advertorial. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*