Pemasaran Media Sosial - Social Media Marketing

Pemasaran Media Sosial - Social Media Marketing
PEMASARAN Media Sosial (Social Media Marketing) adalah strategi, teknik, atau proses mendapatkan trafik (pengunjung) website atau perhatian melalui situs medis sosial --Twitter, Facebook, YouTube, dsb.

Program Pemasaran Media Sosial biasanya dipusatkan pada usaha menciptakan konten (posting, tulisan, gambar, video) yang menarik perhatian dan mendorong pembaca untuk membagi (share) konten tersebut melalui jaringan sosial mereka. (Wikipedia).

Ringkasnya, Pemasaran Media Sosial adalah usaha bagian pemasaran perusahaan atau humas instansi untuk membuat tulisan, gambar, video, grafik, atau posting di akun media sosial lembaga guna mempromosikan produk/jasa.

Diharapkan, konten tersebut mampu menarik perhatian, disukai, dan dishare seluas-luasnya sehingga menghasilkan "electronic Word of Mouth" (eWoM) atau dibicarakan oleh para user media sosial. Tujuan akhirnya adalah citra positif dan reputasi di kalangan konsumen/klien.

Pengertian Pemasaran Media Sosial 

"Sosial media memungkinkan para pelaku pasar untuk berkomunikasi dengan sesamanya, pelanggan, dan calon pelanggan. Sosial media memberi “identitas” kepada “brand”atau merk yang dipasarkan dan membantu Anda untuk menyebarkan pesan Anda dengan cara yang santai dan komunikatif." (Fortune PR).

"Pemasaran social media memberikan Anda akses secara instan ke audiense dan memungkinkan untuk terlibat dalam berkomunikasi dengan bisnis Anda" (Toffee Net).

"Social Media Marketing adalah upaya pemasaran online dengan menciptakan visibilitas, eksistensi dan keberadaan sebuah situs web pada Social Media Network (jaringan media sosial) seperti Facebook, Twitter, Digg, Web 2.0, social bookmarking, dan lain-lain." (Optima Web)

Media Sosial merupakan platform yang sangat efektif untuk berkomunikasi dan mendengarkan pendapat pelanggan/klien. Media sosial memungkinkan pelanggan/konsumen/klien berkomunikasi langsung, mengkritisi, memberi masukan, juga mempromosikan produk/jasa.

Kehadiran media sosial, termasuk blog, memungkinan semua orang tidak hanya menjadi user (pengguna), tapi juga publisher.

Pemasaran Media Sosial merupakan bagian dari aktivitas Internet Marketing (Pemasaran via Internet). "Kolega" Pemasaran Media Sosial antara lain:
  • Search Engine Optimization
  • Email Marketing
  • Referral Marketing
  • Content Marketing
  • Native Advertising
  • Search Engine Marketing
  • Search Analytics
  • Web Analytics
  • Display Advertising
  • Contextual Advertising
  • Behavioral Targeting
  • Affiliate Aarketing
  • Revenue Sharing
  • Mobile Advertising
Catatan: posting ini sekadar "menyimpan catatan" tentang Pemasaran Media Sosial - Social Media Marketing yang mungkin akan dikembangkan ke strategi, teknik, atau taktiknya nanti. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*