MEMILIKI rasa percaya diri yang tinggi dalam berbicara di depan umum (be highly confident at public speaking) merupakan keahlian, kecakapan, kepandaian, atau keterampilan utama yang harus ada pada diri seorang Master of Ceremony (MC Skill).
MC (baca: emcee [Inggris], emsi [Indonesia]) atau pemandu acara/pembawa acara adalah orang pertama yang tampil dan berbicara dalam sebuah acara. Ia harus terlatih dan terbiasa berbicara di depan publik (public speaking).
"Be highly confident at public speaking" ditempatkan pada urutan pertama MC Skills versi myjobsearch.com. MC Skill selengkapnya adalah sebagai berikut:
8 Keterampilan Utama MC
Percaya diri dibangun dengan wawasan tentang "teori" atau teknik MC plus rajin latihan. Pemahaman seputar "teori" MC akan membuat Anda "yakin benar" apa yang Anda lakukan selama memandu sebuah acara.
2. Teknik Mikrofon
Mengerti bagaimana menangani mikrofon dan memahami sistem sistem Public Address (PA)
3. Motivator Hadirin
MC harus mampu membangkitkan dan mempertahankan mood dan antusiasme hadirin selama acara berlangsung.
4. Seni Penampilan
MC harus mengetahui seni penampilan, tarian, dan skills lain yang sesuai.
5. Adaptasi.
MC harus mampu beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang berkembang selama acara berlangsung.
6. Rundown Acara
MC harus mampu mengingat rundown atau susunan acara (running order) yang bisa jadi lama dan kompleks.
7. Sikap Profesional.
MC harus punya kapasitas bersikap profesional sepanjang waktu (acara berlangsung).
8. On Time.
MC harus mampu memastikan jadwal acara berlangsung on time.
TUGAS UTAMA MC
Tugas utama MC antara lain terangkum dalam istilah T.I.M, yakni Time, Introducer, dan Mood Setter.
Time – MC adalah "king of the programme" yang bertangung jawab atas durasi dan urutan acara berjalan dengan baik. MC harus memastikan acara berlangsung tepat waktu, awal dan akhirnya.
Introducer – MC harus mengenalkan pembicara atau yang tampil di panggung. Ia harus mengenal sosok pembicara sebaik mungkin lewat biografi atau curriculum vitae (CV).
Mood Setter – MC harus membangkitkan dan mempertaihan mood hadirin dan kemeriahan suasana. MC memimpin tepuk tangan dan memberikan apresiasi kepada para penampil.
Tugas MC lainnya terangkum dalam istilah "5B"
2. Teknik Mikrofon
Mengerti bagaimana menangani mikrofon dan memahami sistem sistem Public Address (PA)
3. Motivator Hadirin
MC harus mampu membangkitkan dan mempertahankan mood dan antusiasme hadirin selama acara berlangsung.
4. Seni Penampilan
MC harus mengetahui seni penampilan, tarian, dan skills lain yang sesuai.
MC harus mampu beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang berkembang selama acara berlangsung.
6. Rundown Acara
MC harus mampu mengingat rundown atau susunan acara (running order) yang bisa jadi lama dan kompleks.
7. Sikap Profesional.
MC harus punya kapasitas bersikap profesional sepanjang waktu (acara berlangsung).
8. On Time.
MC harus mampu memastikan jadwal acara berlangsung on time.
TUGAS UTAMA MC
Tugas utama MC antara lain terangkum dalam istilah T.I.M, yakni Time, Introducer, dan Mood Setter.
Time – MC adalah "king of the programme" yang bertangung jawab atas durasi dan urutan acara berjalan dengan baik. MC harus memastikan acara berlangsung tepat waktu, awal dan akhirnya.
Introducer – MC harus mengenalkan pembicara atau yang tampil di panggung. Ia harus mengenal sosok pembicara sebaik mungkin lewat biografi atau curriculum vitae (CV).
Di sinilah peran MC sebagai "Star Maker", pencetak bintang, bukan berusaha menjadi bintang dengan "unjuk kebolehan" dan terlalu dominan seperti "kebanyakan ngomong".
Mood Setter – MC harus membangkitkan dan mempertaihan mood hadirin dan kemeriahan suasana. MC memimpin tepuk tangan dan memberikan apresiasi kepada para penampil.
Tugas MC lainnya terangkum dalam istilah "5B"
- Be Enthusiastic
- Be Proactive
- Be Early
- Be Professional
- Be Prepared
Mau jadi MC? Mulailah dengan berlatih public speaking, lancar berbicara di depan umum.Wasalam. (www.romelteamedia.com).*