Cara Menulis Judul Berita yang Baik dan Benar

Cara Menulis Judul Berita yang Baik dan Benar
JUDUL berita (News Title, Headline) adalah bagian terpenting sebuah berita. Karena bagian terpenting, maka bagian ini pula yang tersulit dalam proses penulisan berita.

Berikut ini panduan menulis judul berita yang baik dan benar dari Department of Mass Communication University of North Carolina dalam How to Write a Headline. Saya "terjemahkan bebas" untuk Anda.
Headline (judul berita) berisi kata-kata penting yang menyampaikan subjek berita dan menggambarkan isi berita. Headlines contain essential words that convey the subject of a story and what the story is about.

Karakteristik Judul Berita
  1. Judul berita adalah kalimat abstrak
  2. Biasanya hanya terdiri dari 5-10 kata 
  3. Berupa pemikiran/gagasan lengkap
  4. Terdiri dari Subjek dan Kata Kerja (Predikat) dan sering juga dilengkapi Objek
Tujuan Judul Berita: Menarik Perhatian Pembaca
Saat membuat judul, tanyalah diri sendiri: "Jika pembaca melihat 5-10 kata yang saya tuliskan, apakah mereka akan tahu ini berita tentang apa?"

Aturan TerpentingJudul harus benar-benar akurat dan mencerminkan isi berita. Akurasi adalah segalanya. Jangan menipu pembaca dengan judul yang berbeda dengan isi berita!

Yang Harus Dilakukan sebelum Membuat Judul
  • Pahami berita secara menyeluruh sebelum menuliskan judulnya.
  • Buatlah judul berdasarkan "main idea" (inti berita) yang mestinya ada di alinea pertama, awal naskah, atau bagian introduksi (lead/teras).
  • Jangan gunakan dalam judul fakta-fakta yang tidak ada di naskah berita. (Judul harus mencerminkan isi).
  • Jangan mengulang kata yang sama dalam judul.
  • Jika beritanya berupa berita opini, maka judulnya pun harus sudah mencerminkan hal itu.
  • Hindari ambiguitas, makna ganda, menimbulkan tafsiran beragam, dan bernada menuduh.
Pilihan Kata
  • Spesifik, akurat, jelas, dan ringkas!
  • Jangan mengulang kata kunci (keywords) di judul yang sama.
  • Hindari nama, frasa, dan singkatan yang samar atau tidak diketahui.
  • Hindari judul yang 
  • Avoid headline speak such as hit, flay, rap, hike, nix, nab, slate. Be more precise. 
  • Hindari judul yang bernada menyerang, mengecam, atau mempersalahkan.
  • Tidak ada judul yang dimulai dengan kata kerja.
  • Judul berupa kalimay lengkap --minimal Subjek dan Predikat.
Judul di Media Online (Web Headlines)

  • As with any news story, a strong headline is vital for a web story.
  • Headlines often are found in lists of links, where they are a reader's first introduction to a story. If they do not sell a reader on the story immediately, the reader is unlikely to click the link to navigate to the story.
  • SEO is search engine optimization. Search engines favor coherent headlines. Your headlines can be essential to search engine optimization, which draws traffic to your website.
  • Intinya, judul berita di media online hendaknya menarik, namun juga memperhatikan teknik SEO (Search Engine Optimization) agar berita diindeks oleh mesin pencari dan mudah ditemukan pembaca di halaman hasil pencarian (SERP).
Catatan Tambahan
Ini catatan tambahan dari saya, seputar judul di media online. Gara-gara berburu trafik, media online banyak yang mempraktikkan "gaya judul koran kuning" alias "amatiran", dengan menggunakan trik "umpan klik" (clickbait) atau "jebakan klik".

Banyak media online menulis judul berita dengan menggunakan kata "inilah", "ini dia", "begini", atau "ini komentar...", "ini reaksi", dan sebagainya. (Baca: Modus Media Online Menarik Pengungjung). Wasalam. (www.romelteamedia.com).*