Cara Mengatasi Disk Space Usage Full di Cpanel Hosting

disk space usage full
Disk Space Usage Full (Penuh) atau Over Quota adalah masalah "klasik" yang sering menimpa blogger selfhosting (nama domain dan hosting sendiri). Biasanya yang bikin penuh itu adalah "Other Usage" dan "error log". Bagaimana cara mengatasinya?

Saya sering mengalaminya. Cara terbaik adalah bikin Support Ticket ke provider hosting! Minta bantuan karena untuk akses ke "Other Usage" atau "Other File" hanya admin provider yang bisa. User atau klien tidak.

"Kami informasikan untuk menghapus other usage kami bisa membantu menghapusnya. Silahkan menunggu sampai kami selesai menghapus file yang terdapat di other usage," begitu jawaban dari provider.

Tak lama kemudian, muncul pesan: "Kami informasikan untuk penghapusan file pada other usage telah selesai kami proses. Silahkan cek kembali dari sisi anda." Alhamdulillah....

Cara Mengatasi Disk Space Usage Full (Penuh) Sendiri

Tapi jangan dulu buru-buru minta bantuan provider atau membuta Support Ticket! Anda bisa berusaha mengatasi mengatasi Disk Space Usage Full (Penuh) atau Over Quota itu sendiri, di Cpanel atau di FTP.

  1. Temukan semua file Error Log dan hapus isinya! Biasanya ada di Home Directory dan di Folder WP Admin (bagi pengguna WordPress).
  2. Cari file-file yang "mencurigakan", lihat tanggalnya, dan hapus saja. Kalau ragu, jangan.
  3. Kosongkan isi folder "Tmp" dan "Mail"
Masih penuh juga...? Nah... baru deh bikin Support Ticket ke provider hosting! 

Ribetnya Selfhosting Wordpress!

Itulah ribetnya ngeblog dengan selfhosting (sewa domain dan hosting sendiri), seperti sering dialami www.romeltea.com.

Belum lagi rentan serangan hacker, spammer, pishing, dan sejenisnya. Yang aman? Gunakan hosting BLOGGER!

Makanya, blog saya yang kedua ini, www.romelteamedia.com, menggunakan hosting gratis dan aman di Blogger/Blogspot. Caranya:
  1. Bikin Blognya.
  2. Beli/sewa domain.
  3. Custom Domain.
  4. Beres! Maka berubahlah www.romelteamedia.blogspot.com ini menjadi www.romelteamedia.com